Baterai laptop merupakan salah satu komponen yang sangat berharga di laptop. Laptop yang dinyalakan tanpa baterai dapat mempengaruhi sistem kerja dari laptop itu sendiri. Tanpa baterai, laptop sama seperti Personal Computer pada umumnya yang harus dicolokan langsung dengan aliran listrik. Laptop tanpa baterai dapat menyebabkan kerusakan komponen.

Berikut merupakan komponen yang dapat rusak karena laptop harus dinyalakan tanpa baterai :

  1. Harddisk Laptop
    Harddisk atau yang sering kita sebut dengan Hardisk Drive (HDD) merupakan komoponen perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk penyimpanan data, baik operating system maupun data file pribadi. Penyimpanan data pada laptop semuanya berada disini. Apabila HDD bermasalah, data pribadi kita agak susah diselamatkan.

    Permasalahan pada Harddisk yang disebabkan oleh laptop diawali dengan tegangan laptop yang naik turun karena tidak adanya penstabil daya yang lebih baik daripada baterai. Selain itu laptop yang tanpa baterai lebih cenderung dapat mati tiba-tiba karena tidak ada penyuplay daya cadangan tambahan. Proses mati tiba-tiba ini membuat gerak pada harddisk juga tiba-tiba berhenti. Terlalu sering kejadian ini membuat disk pada harddisk akan bermasalah. Sehingga mengaktibatkan harddisk tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya. Permasalahan pada Harddisk ditandai dengan adanya bunyi “kreek kreekkk” secara terus menerus pada bagian harddisk.
  2. Mainboard Laptop
    Permasalahan yang kedua berada pada komponen mainboard/motherboard/mobo pada laptop itu sendiri. Mainboard merupakan mesin utama yang berisi komponen penyusun hardware pada laptop. Prosesor, VGA, RAM, dll tersusun pada mainboard.

    Sama halnya dengan harddisk, kerusakan pada bagian mainboard biasanya terjadi karena tidak ada suplai cadangan daya pada laptop. Akibatnya, ic power; chipset; bahkan komponen lainnya tiba-tiba konslet. Perbaikan mainboard yang konslet berkisar antara 300k sampai jutaan. Tergantung komponen yang bermasalah.

Untuk mencegah laptop yang bermasalah karena baterai, kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini :

  1. Cek secara berkala kesehatan baterai laptop
    Pengecekan pada baterai laptop dapat dilakukan dengan cara dibawah ini.
  2. Jangan lepas baterai laptop, meskipun bisa dilepas.
    Pemasangan baterai laptop dapat mencegah adanya kerusakan langsung pada mainboard. Daya pada laptop yang tiba-tiba berhenti hanya menyerang baterai dan ic power manajemen pada laptop. Pemasangan ini dapat mencegah terjadinya kerusakan yang parah pada mainboard laptop.
  3. Ganti baterai apabila bermasalah.
    Segera ganti baterai kamu apabila baterai tersebut sudah tidak dapat digunakan. Kalian bisa membeli baterai laptop ori dengan harga murah di Konsullaptop.com

Tidak semua baterai yang tidak terdeteksi merupakan permasalahan di baterai. Bisa juga dikarenakan permasalahan IC Power Manajemen yang tidak dapat mendeteksi daya Input pada laptop baik dari adaptor maupun baterai.

(Konsullaptop)
Baterai Laptop Kamu Bermasalah? Baca Artikel Ini Agar Laptopmu Tidak Tambah Parah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf, konten tidak bisa dicopy.